Sabtu, 05 Mei 2012

Bahasa Menunjukkan Bangsa

Bahasa merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia. Bahasa adalah alat komunikasi yang digunakan oleh manusia, baik secara lisan, bunyi, maupun simbol. Namun dalam perkembangannya, bahasa secara lisan lebih efisien karena pesan yang disampaikan lebih mudah dimengerti dan dipahami. Bahasa secara bunyi atau simbol lebih sulit untuk dipahami karena kita harus mengartikan maksud dan tujuan dari pesan yang disampaikan. 

Berbeda negara, berbeda pula bahasanya. Walaupun Bahasa Inggris adalah Bahasa Internasional yang sering digunakan, namun bahasa di setiap negara memiliki keunikan tersendiri dan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Salah satunya adalah Bahasa Indonesia. Tanpa kita sadari, ternyata Bahasa Indonesia sangatlah populer di dunia. Bahasa Indonesia adalah Bahasa peringkat ketiga dalam Bahasa tersulit di Asia dan peringkat ke 26 di dunia. Sungguh menakjubkan, bukan? Selama ini kita menganggap remeh tentang Bahasa Indonesia. Ini terbukti dari rendahnya nilai mata pelajaran Bahasa Indonesia pada Ujian Nasional. Banyak siswa yang justru nilai Bahasa asingnya seperti Bahasa Inggris jauh lebih tinggi daripada Indonesia.

 
            Fakta-fakta unik tentang Bahasa Indonesia

1.       Saat ini ada 45 negara yang ada mengajarkan bahasa Indonesia, seperti Australia, Amerika, Kanada, Vietnam, dan banyak lainnya.
2.       Bahasa Indonesia adalah bahasa ketiga yang paling banyak digunakan pada Wordpress.
3.       Bank Indonesia mewajibkan bankir asing fasih berbahasa Indonesia.
4.       Bahasa Indonesia di dunia menduduki peringkat 3 dalam Bahasa tersulit di Asia dan peringkat ke 26 di dunia.

Menurut penelitian lembaga bahasa di dunia, dilihat dari segi gramatikal dan kompleksitivitasnya bahasa-bahasa yang dianggap sangat sulit di dunia adalah

1. Bahasa Ibrani (bahasa kaum Yahudi)
2. Bahasa Yunani
3. Bahasa Latin
4. Bahasa Jepang
5. Bahasa Korea

Dengan mengenal banyaknya Bahasa dan kebudayaan lain, banyak hal yang dapat kita pelajari, namun ingat, bukan berarti kebudayaan lain menjadi sangat kita agung-agungkan hingga melunturkan kebudayaan kita sendiri. Mari kita lestarikan budaya kita sendiri agar kita jauh lebih dikenal dengan kebudayaan yang unik dan tentu saja berbeda dengan kebudayaan lainnya.
  
"Use what language you will, you can never say anything but what you are." -Ralph Waldo Emerson-
    "By and large, language is a tool for concealing the truth." -George Carlin-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar