Jumat, 17 Agustus 2012

Selamat Ulang Tahun Indonesiaku!

17 Agustus adalah salah satu moment penting dalam perjalanan bangsa Indonesia untuk meraih kemerdekaan. Tidak mudah bagi para pejuang untuk memerdekakan Indonesia dan Bung Karno untuk memproklamasikan hari kemerdekaan pada saat itu. Tetapi dengan semangat yang begitu membara para pahlawan kita mampu untuk memerdekakan bangsa Indonesia. Para pahlawan kita berhasil memperjuangkan apa yang harus diperjuangkan demi bangsa dan negara dari tangan Sekutu yang ingin merebut Indonesia secara paksa. Perlawanan antara para pahlawan dengan Sekutu begitu sengit, tapi para pahlawan kita tidak pernah menyerah untuk merebut Indonesia dan segera memerdekakan Indonesia. 67 tahun sudah kita merdeka, sudahkah kita merdeka dalam makna yang sesungguhnya?


Kronologis Peristiwa Penting Sekitar Proklamasi
1. 6 Agustus 1945 : Salah satu Kota Industri di Jepang, Hiroshima diserang oleh Sekutu.
2. 7 Agustus 1945 : Pembentukan PPKI (Dokuritsu Junbi Inkai) yang bertujuan untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia karena tugas BPUPKI (Dokuritsu Junbi Cosakai) telah selesai, yaitu menyelidiki kemerdekaa Indonesia dan merumuskan dasar falsafah negara.
3. 9 Agustus 1945 : *Salah satu Kota Industri di Jepang, Nagasaki diserang oleh Sekutu yang mengakibatkan Jepang menjadi lumpuh, *Soekarno, Hatta, dan Radjiman diundang ke Dallat oleh Jenderal Terauchi untuk membahas tentang kemerdekaan.
4. 10 Agustus 1945 : Soekarno, Hatta, dan Radjiman tiba di Singapura (untuk menginap)
5. 11 Agustus 1945 : Soekarno, Hatta, dan Radjiman tiba di Saigon (untuk menginap)
6. 12 Agustus 1945 : Soekarno, Hatta, dan Radjiman tiba di Dallat (Vietnam) dan disambut baik oleh Terauchi dengan upacara sederhana.
7. 14 Agustus 1945 : Soekarno, Hatta, dan Radjiman bertolak ke Sngapura dan bertemu dengan golongan muda yang bernama Dr. Amin, Mr. Abbas, dan Hassan, dimana mereka telah mengetahui berita kekalahan Jepang oleh Sekutu.
8. 15 Agustus 1945 : Pukul 10.00 waktu Tokyo, Jepang menyerah kepada Sekutu tanpa syarat. Berita menyerahnya Jepang tersebut didengar oleh sekelompok pemuda melalui siaran radio Nippon Hakko Kaisha (NHK Radio).
9. 16 Agustus 1945 : *Pukul 05.00 Soekarno dan Hatta dibawa ke Rengasdengklok oleh golongan pemuda, di rumah seorang keturunan Cina yang bernama Jiaw Kie Song dengan tujuan untuk menghindari pengaruh dari Jepang, *Pukul 09.00 WIB, Rapat PPKI, namun tidak dihadiri oleh Soekarno dan Hatta, *Pukul 23.00 WIB, Soekarno dan Hatta kembali ke Jakarta dan langsung menuju kediaman Laksamana Muda Maeda di Jl. Imam Bonjol No. 1 karna dinilai aman dari Jepang untuk merumuskan Teks Proklamasi.
10. 17 Agustus 1945 : *Puku 05.00 WIB, Golongan Muda dan Tua keluar dari kediaman Laksamana Muda Maeda karena Teks Proklamasi telah selesai dirumuskan, *Pukul 10.00 WIB, Soekarno membacakan Teks Proklamasi di hadapan ratusan Rakyat Indonesia di depan halaman rumahnya di Jalan Pegangsaan Timur No. 56 dengan upacara sederhana dan tanpa protokol.

 Update dulu ah sebelum pembacaan Teks Proklamasi!

Hiduplah Indonesiaku!

Selamat Ulang Tahun Indonesiaku yang ke-67, semoga kau semakin jaya, semakin dikenal negara lain sebagai negara yang hebat bukan negara yang jelek! Selamat ulang tahun Indonesiaku! "Do not ask what your country can do for you...But ask what you can do for your country.."  Happy Birthday Indonesia..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar