Sabtu, 19 Februari 2011

IPS, Bukan Kelas Kedua.!

Dulu, orang selalu beranggapan kalau Jurusan IPA itu lebih baik daripada IPS dan itu juga hal yang sama pula gue pikirin. Gue selalu berpikir kalau Jurusan IPS itu jelek, gak elite, dan lain sebagainya yang merendahkan anak IPS. Dulu, gue selalu berusaha untuk bisa jadi anak IPA khususnya bisa masuk kelas IPA unggulan. Setiap gue ketemu sama anak IPS pasti selalu bilang dalam hati,"Ihhh, anak IPS. Males banget dech liatnya". Kayaknya kalo orang gak masuk IPA tuh gimana gitu. Tapi, setelah gue mau naik ke kelas 2 SMA, gue berpikir, apakah dengan otak yang pas-pasan gue bisa mewujudkan impian gue masuk IPA yang kebanyakan materi dan teorinya adalah berhitung dan berpikir.? Kayaknya gak mungkin. Orang akan selalu merasa bangga kalo dia bisa masuk IPA. Oke, lanjut cerita gue. Akhirnya, setelah melakukan pemikiran yang sangat lama, gue memutuskan untuk ambil jurusan IPS. Mulai dari situlah, gue mulai serius dengan keputusan yang gue pilih. Gue yakin kok, apa yang gue pilih itu memang tepat dan Allah pasti akan menunjukkan Kuasa-Nya kepada siapa aja yang Dia kehendaki.

Sekarang, gue duduk di kelas IPS. Yap, IPS yang dulu sering gue remehkan, sering gue jelek-jelekkan, sering gue abaikan, dan lain sebagainya. Tapi sekarang, gue membanggakan kelas IPS yang gak kalah keren sama kelas IPA.Guru gue pernah bilang,"Lebih baik menjadi kepala di ikan yang kecil daripada menjadi ekor di ikan yang besar". Maksudnya, lebih baik memiliki jabatan yang tinggi di sebuah komunitas yang kecil daripada kita menjadi yang terbelakang di komunitas yang besar. Gue tidak pernah menanamkan rasa kecil hati dalam diri gue karena gue anak IPS, justru yang gue tanamkan dalam diri gue adalah bagaimana caranya gue bisa menjadi yang terbaik dan bisa menjadi kebanggaan kedua orang tua,teman,sekolah,agama,bangsa,dan negara. Teman gue yang anak IPA pun justru mendukung gue masuk IPS karena dia tahu kemampuan gue memang terletak di IPS. Gue akan terus berusaha supaya gue bisa jadi yang terbaik dari komunitas kecil. Gue selalu bilang dalam diri gue kalo gue bisa jadi Juara Umum di sekolah, bisa membanggakan semua orang, bisa menjadi apa yang gue inginkan. Gue selalu bilang dalam diri gue, kalo gue bukan orang yang mudah diremehkan, tapi gue adalah orang yang harus diperhitungkan dalam segi apapun. Karena gue yakin, dalam setiap jiwa manusia memiliki potensi yang bisa dia kembangkan dalam dirinya. Makanya, sekarang gue gak malu lagi dech jadi anak IPS karena gue yakin, anak IPS juga bisa berprestasi kayak anak IPA dan mampu bersaing di dunia pendidikan.

Pesan gue untuk anak IPS kayak gue, jangan pernah malu apalagi gengsi karena kalian anak IPS, tapi kalian harus membuktikan kalo IPS juga keren, bisa berprestasi,dan bukan kelas kedua. Anak IPS itu bukan anak buangan yang gak diterima di IPA, tapi anak IPS adalah sekelompok komunitas yang mampu bersaing dengan anak IPA. Keep on SPIRIT for Social Class...!!! ^^

Yaa Allah, jadikanlah aku anak yang bisa berguna bagi kedua orang tuaku,agamaku, untuk masyarakat, bangsa dan negara. Yaa Allah, biarkanlah aku memilih pilihanku sendiri. Semoga, apa yang aku inginkan bisa terwujud. Amiin Yaa Robbal'Alamin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar